Minggu, 20 Januari 2013

RUMAH-RUMAH BERHANTU DI DUNIA

Duh, Rumah-Rumah Berhantu Ini Jadi Area Komersial

Hanna Meinita - Okezone
Sabtu, 27 Oktober 2012 10:17 wib
detail berita
Salah satu rumah berhantu di AS (foto: istock)
JAKARTA - Sebuah properti atau rumah yang memiliki sejarah kelam, seperti tragedi pembunuhan atau bunuh diri kerap berujung dengan predikat rumah berhantu dan menakutkan. Hal ini berlaku di banyak negara, termasuk di Negara Adi Daya, Amerika Serikat. Kisah mengenai rumah berhantu pun terus dikenal bahkan hingga era modern.

Berikut beberapa rumah yang dikenal paling menakutkan di Amerika seperti dikutip dari laman Fox News, Sabtu (27/10/2012).

1. Lizzie Borden House di Fall River, Massachusetts

Kasus pidana Lizzie Borden sangat terkenal pada abad ke-19 di Amerika Serikat. Pada 1892, Lizzie diadili atas kasus pembunuhan. Namun dia dibebaskan dalam kasus pembunuhan brutal dengan kapak terhadap ayah dan ibu tirinya itu. Banyak orang meyakini Lizzie bebas dari tuduhan karena tidak ada saksi atau tersangka lain yang ditangkap.

Kini, rumah tersebut menjadi pondok penginapan dan sarapan (bed and breakfast). Namun tentu saja tema yang digunakan masih berkaitan dengan Lizzie. Penginapan ini menawarkan tamu kesempatan untuk menghabiskan malam di kamar Lizzie dan melayani sarapan mirip dengan yang disajikan pada pagi hari pembunuhan terjadi. Jika Anda tidak memiliki keberanian untuk menghabiskan malam di dalam rumah mengerikan ini, pemilik juga memberikan tur siang hari.

2. Hotel Stanley di Estes Park, Colorado

Hotel satu ini tidak seperti rumah berhantu. Pasalnya, hotel mewah ini menawarkan pemandangan indah Pegunungan Rocky. Sejak dibuka pada 1909, hotel ini pernah dihuni pejabat asing dan bintang film. Namun tamu hotel yang paling fenomenal adalah Stephen King. Selama tinggal di kamar 217, King datang dengan ide untuk novelnya 'The Shining". Hotel yang disebut sebagai Overlook dalam novel, memainkan peran sentral dalam novel yang bertema teror pembunuhan.

Dalam kehidupan nyata, karyawan hotel mengaku sering mendengar suara aneh. Seperti suara pesta yang berasal dari ballroom kosong, dan tamu mengklaim melihat hantu, seperti roh pemilik hotel. Hotel ini memang memiliki masa lalu yang angker. Bahkan di hotel ini kerap digelar acara Shining Ball and Mystery Dinner sebelum Hari Halloween.

3. Rumah Winchester Mystery di San Jose, California

Dibangun oleh Sarah Winchester, janda dari pembuat senjata terkenal, Winchester Mystery House adalah salah satu rumah paling menakutkan di Amerika. Pembangunan rumah ini berlangsung serampangan, dimulai pada 1884, dan berlanjut hingga kematian Winchester pada 1922.

Mitos lokal menyebutkan bahwa Winchester meninggal karena disiksa oleh roh dari orang-orang yang tewas karena senapan buatannya. Dan satu-satunya cara untuk menenangkan roh adalah dengan terus membangun rumah.

Rumah ini juga terkenal karena desain yang aneh, seperti tangga dan pintu masuk yang mengarah ke jalan buntu. Ini tampaknya upaya Winchester untuk membingungkan roh. Pada waktu konstruksi dihentikan, rumah labirin ini menampilkan 160 kamar, dan sekarang menjadi obyek wisata dan museum.

4. Mansion The Lemp di St Louis, Missouri

Di antara pengusaha bir paling sukses di St Louis, keluarga Lemp tampaknya tidak henti-hentinya terkait dengan tragedi. John Adam Lemp terkenal karena menjadi "raja bir" di kawasan barat tengah Amerika. Namun keturunannya tidak berjalan dengan baik.

Putranya, William Lemp Sr, adalah orang pertama yang bunuh diri. Depresi karena kematian misterius anaknya, Frederick, William Lemp menembak dirinya sendiri pada 1904.

Bertahun-tahun kemudian, empat anggota keluarga Lemp kembali menghembuskan nafas terakhir karena bunuh diri, di mana tiga di antaranya terjadi di mansion keluarga di St Louis. Hingga kini, kabarnya, keluarga yang berakhir tragis ini masih menghantui lorong-lorong rumah, yang sudah berubah menjadi restoran dan penginapan itu. (NJB)

0 komentar:

Posting Komentar